Search This Blog

Saturday, August 21, 2010

BAD GIRL AND GOOD GIRL

Madonna as "Louise Oriole" in the &q...Image via Wikipedia

SIKAP BAIK MERUBAH LINGKUNGAN YANG BURUK

Sudahkah anda menonton film “The Bad Girl and The Good Girl”? Apa yang bisa kita petik dari film ini untuk bisa dijadikan pelajaran dalam hidup yang penuh dengan ketidakpastian ini?  Adalah kisah dua anak kembar yang berlainan sifat satu dengan lainnya. Maria seorang pimpinan suster (biarawati)  disebuah kastil yang hidup dengan iman yang teguh sebagai seorang adik, dan Vanesa kakak maria yang kehidupannya serba glamour yang kesehariannya bekerja disebuah bar/diskotik.

Suatu hari sang kakak (vanesa) sedang mengalami masalah dikejar-kejar oleh mafia dan polisi karena ia mengambil sebuah tas yang berisi berlian dari seseorang yang dibunuh oleh mafia dalam diskotik tempat ia bekerja. Kemudian ia lari untuk menghilangkan jejak ke kastil dimana sang adik melayani disana.
Tetapi sayang, pergerakan vanesa tercium oleh mafia dan polisi. Lalu mafia mengejar ke kastil dan salah menangkap orang. Sang mafia sangat yakin kalau yang ditangkap itu adalah vanesa yang menyamar kemudian membawanya ke diskotik (markas mafia). Sedangkan  Vanesa terkejut ketika beberapa selang kemudian menggeledah kastil itu dan terpaksa Vanesa menyamar menjadi seorang biarawati (mengganti sang adik Maria). Polisi pun terkecoh dan meninggalkan kastil tersebut.

Kemudian dua manusia yang berbeda sifat dan kelakuan tersebut berganti posisi, dimana sang biarawati (Maria) harus bisa menyesuaikan diri dengan kerasnya kehidupan diluar sana denga mnghadapi para mafia. Demikian juga Vanesa harus bisa menggantikan posisi adiknya sebagai pimpinan biarawati walaupun biarawati-biarawati yang lain curiga dengan tingkah laku pimpinannya yang berubah 180 derajat tersebut terlebih saat seorang pastur mengunjungi kastil tersebut untuk melihat perkembangan yang ada disana.
Akhirnya terbongkar juga bahwa yang ditangkap mafia bukanlah vanesa yang mereka cari. Demikian juga pimpinan biarawati yang ada di kastil bukanlah pimpinan mereka Maria.

Tetapi pada saat itu kehidupan Vanesa yang dulunya acak-acakan tak karuan berubah menjadi lebih baik. Demikian juga sang biarawati Maria dengan melihat situasi dan kondisi yang ada dimana ia berhadapan dengan sang mafia, ia pun berubah menjadi manusia layaknya manusia biasa yang tidak lagi menjaga etika dan moral seperti kehidupan di kastil. Intinya Maria berubah menjadi Vanesa dan Vanesa berubah menjadi Maria


Singkat saja, akhirnya sang mafia dapat dibekuk oleh Vanesa dan Maria beserta biarawati-biarawati lainnya. Demikian juga sang pimpinan polisi yang serakah berhasil mereka bekuk . Nah, sekarang mereka berdua bersama-sama memimpin dan membina kastil tersebut. Apa yang kita tarik kesimpulan dari film yang menceritakan kisah hidup kedua manusia kembar yang berseberangan sifat ini?

Sebagaimana bumi yang memiliki 2 kutub (Utara dan Selatan), demikian juga dalam diri manusia juga memiliki dua kutub positif dan negatif. Dalam artian bahwa didalam diri manusia pasti memiliki sifat baik dan buruk yang selalu bertentangan (tidak ada manusia yang sempurna). Tergantung kita menekan dan meminimalisir sifat buruk yang ada dengan menonjolkan sifat yang baik.

Dari cerita film diatas menunjukkan bahwa lingkungan merupakan salah satu faktor dalam membentuk karakter dan kepribadian seseorang. Karena itu senantiasa memiliki keyakinan  dengan mengubah sikap hidup dengan tujuan agar jangan sampai lingkungan yang mengubah sikap dan kepribadian kita. Tetapi sebaliknya dengan sikap yang baik marilah kita mengubah lingkungan yang buruk.  




Enhanced by Zemanta

No comments:

Post a Comment